Komitmen Otonomi Daerah Perlu Diteguhkan Kembali

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman mengatakan Indonesia perlu meneguhkan komitmen dalam pembangunan daerah.
Irman mengatakan pelaksanaan otonomi yang diamanatkan UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menyatakan urusan pemerintahan yang menjadi urusan pemerintah pusat meliputi politik luar negeri, pertahanan & keamanan, yustisi, moneter dan fiskal nasional, agama dan norma.
“Pemerintah daerah dapat menjalankan otonomi seluas-luasnya untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan berdasarkan asas otonomi,” ujar Ketua DPD RI Irman Gusman, Jumat (27/1/2012) dalam kunjungan ke sejumlah daerah di Provinsi Lampung, seperti Kabupaten Pringsewu dan Kota Metro.
Irman mengatakan pemerintah daerah memiliki kewenangan yang meliputi keuangan daerah, pelayanan umum dan pemanfaatan sumber daya alam serta sumber daya lainnya yang berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi, kekhasan, dan potensi unggulan daerah yang bersangkutan.
“Namun realita yang terjadi saat ini, terjadi tarik ulur kewenangan antara Pusat dan Daerah, sehingga menyulitkan terciptanya pengelolaan negara secara desentralistik,” katanya.
Pertumbuhan ekonomi daerah belum maksimal, karena pelaksanaan otonomi daerah masih dilakukan pada tataran undang-undang dan belum diimplementasikan sepenuhnya.
“Sejak ada otonomi daerah, memang tetap terjadi pertumbuhan ekonomi namun tidak maksimal, seharusnya pertumbuhannya mencapai 8-20%,”ujar Irman.
Irman menilai antar daerah sekarang ini seakan menunjukkan persaingan untuk saling menonjolkan keunggulan masing-masing daerah. Setiap daerah memiliki karakteristik masing-masing, sehingga tidak perlu saling membandingkan.
“Jakarta dengan kota jasa, Sumatera Selatan dengan kota energi dan Lampung dapat menjadi kota pertanian karena 60% masyarakatnya hidup di sektor pertanian,” katanya.

Tentang Ade Suerani

tinggal di Kendari-Sultra, senang membaca ttg pemerintahan daerah. (email: ade.suerani@gmail.com)
Pos ini dipublikasikan di Berita Media. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s