Perlunya Penjelasan ttg Retribusi Jasa Umum dan Izin Trayek

A.Retribusi Jasa Umum

1.Retribusi Penggantian Biaya Cetak Kartu Tanda Penduduk dan Akta Catatan Sipil.

Obyek retribusi ini antara lain : kartu tanda penduduk; kartu keterangan bertempat tinggal; kartu identitas kerja; kartu penduduk sementara; kartu identitas penduduk musiman; kartu keluarga; dan akta catatan sipil yang meliputi akta perkawinan, akta perceraian, akta pengesahan dan pengakuan anak, akta ganti nama bagi warga negara asing, dan akta kematian.

Minta Penjelasan:
1.Mengapa akta kelahiran tidak diakomodir di UU 28/2009, dan kalau diserahkan kewenangannya ke tingkat pemerintahan lain (bukan pemda kab/kota), apa alasan filosofisnya?
2.Dalam hal apa, pemda bisa menerbitkan kartu penduduk sementara dan kartu identitas penduduk musiman? Apa perbedaan keduanya?
3.Apakah kartu identitas kerja sama dengan kartu kuning yang selama ini telah menjadi salah satu jenis pelayanan yang disediakan pemerintahan kab./kota?

2.Retribusi Pelayanan Pemakaman dan Pengabuan Mayat
Obyek Retribusi ini adalah meliputi: pelayanan penguburan/pemakaman termasuk penggalian dan pengurukan, pembakaran/pengabuan mayat; dan sewa tempat pemakaman atau pembakaran/pengabuan mayat yang dimiliki atau dikelola Pemerintah Daerah.

Minta Penjelasan:
Mengingat pengangkutan mayat tidak menjadi obyek retribusi ini, dapatkah pemda menambah obyek retribusi dimaksud (pengangkutan mayat), sebagaimana Tupoksi yang menjadi tugas dan tanggung jawab Dinas/Instansi terkait?

3.Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum

Obyek retribusi ini adalah penyediaan pelayanan parkir di tepi jalan umum yang ditentukan oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Minta Penjelasan:
Dapatkah pemda Kota Kendari melakukan kerjasama dengan Pemda Provinsi Sultra dalam hal penarikan pungutan obyek retribusi diatas, mengingat penarikan retribusi parkir ditepi jalan umum, pemda akan kesulitan menempatkan petugas, sehingga penarikannya dibebankan pada saat registrasi (pendaftaran) kendaraan bermotor di kantor samsat, yang selanjutnya hasilnya dibagihasilkan?

4.Retribusi Pelayanan Pasar

Obyek retribusi ini adalah penyediaan fasilitas pasar tradisional/sederhana, berupa pelataran, los, kios yang dikelola Pemerintah Daerah, dan khusus disediakan untuk pedagang.

Minta Penjelasan:
1.Kriteria pasar tradisional bagaimana yang bisa dikenakan retribusi?
2.Dapatkah pemda menarik retribusi jika los yang ditempati pedagang telah disewakan (dibayar pedagang) untuk jangka waktu tertentu?

5.Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor

Obyek retribsi ini adalah pelayanan pengujian kendaraan bermotor, termasuk kendaraan bermotor di air, sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah.

Minta penjelasan :
1.Menurut Pasal 49 UU 22/2009 ttg Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Kendaraan Bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang diimpor, dibuat dan/atau dirakit di dalam negeri yang akan dioperasikan di Jalan wajib dilakukan pengujian.
Apakah pemda dapat menambah obyek retribusi seperti kereta gandengan dan kereta tempelan sebagaimana UU No. 22/2009 diatas, menjadi obyek retribusi pengujian kendaraan bermotor, walaupun tidak diatur dalam UU No. 28/2009?
2.Kendaraan bermotor diatas air yang bagaimana yang bisa dikenakan retribusi (kriterianya)?

6.Retribusi Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran

Obyek retribusi ini adalah pelayanan pemeriksaan dan/atau pengujian alat pemadam kebakaran, alat penanggulangan kebakaran, dan alat penyelamatan jiwa oleh Pemerintah Daerah terhadap alat-alat pemadam kebakaran, alat penanggulangan kebakaran, dan alat penyelamatan jiwa yang dimiliki dan/atau dipergunakan oleh masyarakat.

Minta Penjelasan :
Apakah pemda berkewajiban memeriksa seluruh alat yang menjadi obyek retribusi diatas yang ada didaerah tersebut tanpa dimintai oleh orang pribadi atau badan?

7.Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi.

Obyek retribusi ini adalah pemanfaatan ruang untuk menara telekomunikasi dengan memperhatikan aspek tata ruang, keamanan, dan kepentingan umum.

Minta Penjelasan:
1.Apa yang dimaksud dengan “pemanfaatan ruang untuk menara telekomunikasi “ sebagaimana obyek retribusi diatas?
Apakah dalam rangka pengendalian dan pengawasan menara ataukah dalam rangka penerbitan izin mendirikan menara telekomunikasi?
2.Siapa Dinas/instansi yang paling berwenang mengurus kewenangan ini, apakah Dinas yang terkait dengan penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika atau Dinas yang terkait dengan penyelenggaraan Tata Ruang.

B.Retribusi Izin Trayek

Obyek Retribusi ini adalah pemberian izin kepada orang pribadi atau Badan untuk menyediakan pelayanan angkutan penumpang umum pada suatu atau beberapa trayek tertentu.

Minta Penjelasan:
1.Bagaimana cara mengukur tingkat penggunaan jasa untuk obyek retribusi ini, apakah berdasarkan izin trayek yang diberikan ataukah berdasarkan jenis angkutan dan kapasitas angkut penumpang?
2.Dapatkah kendaraan bermotor angkutan penumpang yang berada diluar trayek di kenai retribusi ini? Jika tidak, bagaimana pungutan yang bisa dikenakan untuk angkutan yang berada diluar trayek seperti kendaraan sewa ataupun taksi?

Tentang Ade Suerani

tinggal di Kendari-Sultra, senang membaca ttg pemerintahan daerah. (email: ade.suerani@gmail.com)
Pos ini dipublikasikan di Berita Media. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s