Djohermansyah: UU Pemilu Kepala Daerah Siap 2013

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA ā€“ Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Djohermansyah Djohan, menyatakan pemerintah akan menyerahkan draft UU Pemilu Kepala Daerah ke DPR akhir Oktober mendatang.
Diperkirakan provinsi yang akan menggelar Pemilu Kepala Daerah tahun 2013 dapat menggunakannya setelah masa persiapan 1 tahun.

“RUU saat ini masih ada di Kemenkumham, dan rencananya hari ini dilayangkan surat ke presiden karena harmonisasi terakhir sudah selesai di tingkat kementerian lembaga. Lalu amanat presidennya diserahkan ke DPR akhir bulan ini,” menurut Djohan dalam dialog publik di Hotel Sahid Jakarta, Kamis (27/10/2011).
Seiring bergantinya nama Undang-undang Pemilukada menjadi Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah, beberapa hal yang bersifat urgensi juga sedikit diubah.

Contohnya dalam persyaratan calon, anak, istri atau suami yang memiliki hubungan langsung dan ingin mencalonkan diri tidak dapat mencalonkan dulu setelah satu periode masa jabatan, khusus Gubernur.
Pertanyaan mendasar masyarakat awam adalah setelah Undang-undang ini nantinya akan disahkan dan digunakan, apakah akan menghasilkan Kepala Daerah yang memenuhi kriteria tersebut?

Editor: Dewi Agustina

Tentang Ade Suerani

tinggal di Kendari-Sultra, senang membaca ttg pemerintahan daerah. (email: ade.suerani@gmail.com)
Pos ini dipublikasikan di Berita Media, Story Revisi UU 32. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s