ADPSI Usul Gubernur Dipilih DPRD

Paling lama hanya enam bulan hingga dua tahun mereka bisa maksimal bekerja,”ujar Ketua ADPSI Ferrial Sofyan saat memberikan keterangan pers di Gedung Merdeka,Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, kemarin. Menurut dia,kondisi ini tentunya proses pembangunan tidak akan berjalan maksimal, sebab timbul persaingan kepala daerah dan wakilnya.Karena itu, dia berpendapat jika proses pemilihan kepala daerah dikembalikan menggunakan sistem pemilihan oleh DPRD.

”Jika dipilih oleh DPRD, nanti tidak ada lagi embelembel mencari popularitas,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta ini. Ketua DPR Marzuki Alie menegaskan, DPR sedang membahas perubahan regulasi pemilihan gubernur.Dia juga lebih memilih proses pemilihan gubernur dilakukan hanya oleh DPRD.Namun, pihaknya masih mencari bentuk sistem yang cocok untuk diterapkan dalam proses pemilihannya. ”Secara ekstrem, saya sempat mengusulkan jika gubernur tidak usah dipilih.

Gubernur diposisikan sebagai pejabat karier yang ditunjuk langsung pemerintah pusat. Jadi, yang dipilih langsung hanya presiden dan bupati/wali kota. Tapi jika ini tidak bisa direalisasikan, saya memandang pemilihan gubernur idealnya dipilih DPRD,” papar politikus Partai Demokrat ini. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan,dari hasil evaluasi Kemendagri, hanya sekitar 15% kepala daerah dan wakil yang memiliki keharmonisan kerja.

Sisanya dianggap tidak harmonis atau putus kongsi karena kepentingan untuk pemenangan pilkada selanjutnya. ”Saat ini sudah muncul dua opsi, pertama apakah dipilih DPRD atau dipilih tetap seperti sekarang dengan penghematan- penghematan. Tidak mungkin dibiarkan terus seperti ini,untuk menjadi kepala daerah orang harus mengeluarkan biaya mahal. Setelah jadi, sering putus kongsi dengan pasangannya. Sekitar 85% gubernur dan wakilnya putus kongsi karena keduanya samasama ingin maju kembali,” beber mantan Gubernur Sumatera Barat ini. _tantan sulthon
Ket.Gambar:

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi memukul gong tanda dibukanya Rakernas Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI), dengan tema ”Memantapkan Pelaksanaan Tugas DPRD dalam Rangka Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan Daerah” di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, kemarin.

Sumber :Seputar Indonesia

 

Tentang Ade Suerani

tinggal di Kendari-Sultra, senang membaca ttg pemerintahan daerah. (email: ade.suerani@gmail.com)
Pos ini dipublikasikan di Pemerintahan Daerah Provinsi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s