Revisi UU No 32/2004 Samarkan Titik Tumpu Otonomi Daerah

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Iwan Taunuzi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penerapan otonomi daerah berdasar UU No 32 Tahun 2004 yang merupakan amandemen dari UU 22 Tahun 1999 menjadikan titik tumpu otonomi antara provinsi dan kabupaten/kota menjadi samar. Pasalnya, UU 32 Tahun 2004 mengamanatkan provinsi memiliki kewenangan yang lebih besar sebagai titik tumpu otonomi.

“UU No 32 Tahun 2004 memang mengubah secara signifikan isi UU No 22 Tahun 1999. Dalam UU No 22/1999 memang disebutkan bahwa titik tumpu otonomi ada pada daerah tingkat II yaitu kabupaten/kota waktu itu. Tapi kemudian UU No 32/2004 memberikan kewenangan yang lebih besar kepada provinsi. Sehingga praktis menjadi samar, mana sebetulnya yang menjadi titik tumpu. Akhirnya seperti yang kita alami sekarang, seolah-olah kedua-duanya menjadi titik tumpu,” ujar Pengamat Politik, Eep Saepullah, di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (31/7/2010).

Hal tersebut, kata Eep, berimplikasi menjadi keruwetan untuk menentukan pemilihan langsung pada pemilihan kepala daerah. Menurutnya, apabila konsep yang diambil bahwa titik tumpu adalah kabupaten/kota, maka yang dapat diperlukan pemilihan langsung adalah pada tingkat kabupaten/kota. Kalau sebaliknya, ia menambahkan, maka masuk akal kalau provinsi pun dilakukan pemilihan langsung.

“Nah, menurut saya kalau kita mau menghapuskan pemilihan langsung kepala daerah atau Pemilukada, maka yang harus disepakati terlebih dahulu adalah soal titik tumpu itu,” tandasnya.(*)

Tentang Ade Suerani

tinggal di Kendari-Sultra, senang membaca ttg pemerintahan daerah. (email: ade.suerani@gmail.com)
Pos ini dipublikasikan di Berita Media, Story Revisi UU 32. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s